CILACAP RANKING 1 RAWAN BENCANA TSUNAMI SE JATENG

sosialisasi tsunami28 September 2015. \\ Seputar Cilacap

HUMAS CILACAP – Kondisi geografis Kabupaten Cilacap yang berdekatan dengan Samudera Indonesia sangat rawan bahaya tsunami. Menurut Sekda Cilacap Drs Sutarjo,MM Kabupaten Cilacap masuk ranking 3 secara nasional dan ranking 1 se Jawa Tengah. Oleh karena itu, Sekda mewanti-wanti agar semua pihak untuk waspada dalam menghadapi bencana tsunami yang sewaktu-waktu bisa datang. Hal itu diungkapkan Sekda Drs Sutarjo,MM mewakili Bupati Cilacap dalam acara sosialisasi Sirine Tsunami di aula Kelurahan Tegal Kamulyan (28/9).

Sejumlah elemen masyarakat mengikuti sosialisasi Sirine Tsunami yang digelar oleh BMKG pusat di aula Kelurahan tegal Kamulyan. Pada kesempatan tersebut dijelaskan bahwasanya telah dipasang sejumlah menara di wilayah Indonesia termasuk di Cilacap. Menara tsunami tersebut nantinya akan berfungsi dengan mengeluarkan bunyi peringatan apabila terjadi gempa yang berpotensi tsunami.

Masyarakat diharapkan waspada apabila sewaktu-waktu terjadi gempa besar yang berpotensi tsunami. Oleh karena itu dihimbau untuk mendapatkan akses informasi peringatan dari BMKG melalui TV Nasional, radio daerah, atau pengumuman di sekitar tempat tinggal. Kemudian apabila terdengar bunyi sirine, kentongan segera saja mengevakuasi diri dari dekat pantai dengan lari sejauh mungkin. (Cong/mdy).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *