Santri Kec. Kedungreja menyambut “Hari Santri” dengan pawai

kirab

Radiokusuma.com. Dalam rangka menyambut dan memeriahkan hari santri, 22 Oktober, Ribuan  Santri dari berbagai Pondok Pesantren di Kec. Kedungreja Cilacap Mengadakan pawai keliling kampung.

Menurut salah satu ketua panitia, Samsul Mungin S.Pd. I, mengatakan bahwa Peringatan hari santri untuk yang pertama ini adalah tonggak dari peringatan-peringatan hari santri pada tahun mendatang supaya lebih meriah. “Ini adalah peringatan hari santri yang pertama kali, tentunya sebagai momentum dan evaluasi untuk perayaan Hari santri di tahun-tahun mendatang”. Ujarnya

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menanggapi gembira penetapan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 22 tahun 2015 terkait penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Pihak PBNU menilai negara melalui Keppres itu telah mengakui saham kalangan pesantren dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

“Kita mengapresiasi langkah tepat Presiden. Ini merupakan sebuah pengakuan negara terhadap 22 Oktober sebagai hari bersejarah terkait fatwa bela tanah air,” kata Sekjen PBNU H Helmy Faisal Zaini menanggapi keluarnya Keppres nomor 22 tahun 2015 di Jakarta, Kamis (15/10) sore.

Sebagaimana diketahui, Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kantor Presiden pada Kamis (15/10) menyatakan bahwa penetapan Hari Santri Nasional diusulkan oleh internal kabinet dan pihak masyarakat. Penetapan Hari Santri Nasional merupakan pemenuhan janji kampanye pilpres Jokowi pada 2014.

Menurut keterangan Pramono, 22 Oktober tidak diliburkan. Hanya saja sejumlah pihak mungkin merayakannya. mdy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *