SMK Yos Soedarso Sidareja Terapkan Sistem Hidroponik Guna Mengajarkan Pertanian Modern

Radiokusuma.com, Sidareja – Siswa-siswi program kejuruan pertanian SMK Yos Soedarso Sidareja terus diajari bercocok tanam menggunakan sistem tanam hidroponik.

Sistem hidroponik itu sendiri adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah.

Memanfaatkan lahan dihalaman sekolah, siswa program kejuruan pertanian, berkebun hidroponik sendiri dengan ditanami berbagai macam jenis sayur-sayuran.

Kepala sekolah SMK Yos Sudarso Sidareja, Ir. Parsian, S.Pd.MM menjelaskan, budidaya hidroponik tersebut diterapkan guna mengajarkan ilmu pertanian secara modern dan dengan memanfaatkan lahan seminimal mungkin kepada siswa. Selain itu juga memberikan teladan serta contoh kepada masyarakat pada umumnya.

“Jadi sebetulnya budidaya hidroponik yang kita terapkan di sekolah ini sebetulnya kan memberikan teladan atau memberikan percontohan kepada masyarakat. Terutama masyarakat yang suka atau hobi tentang pertanian itu berfikir modern bertingkat lokal. Jadi potensi lokal bisa diberdayakan dengan pemikiran-pemikiran yang modern,” Jelas Parsian saat ditemui, Rabu 19 April 2017.

Lebih lanjut, beliau juga mengatakan, salah satu program kejuruan yakni pertanian, sudah menerapkan pembelajaran hidroponik menjadi salah satu bidang studi.

Hal itu bertujuan agar siswa-siswi khususnya pada program kejuruan pertanian semakin berfikir modern. Apalagi, dengan didukung teknologi informasi yang saat ini sedang berkembang, itu dapat menjadikan hidroponik sebagai alternatif bagi petani masa depan, terutama untuk masyarakat yang mempunyai lahan sempit.

Hasil Panen Cabai SMK Yos Soedarso Sidareja

Dilokasi berbeda, Kepala Program Pertanian/Agribisnis Tanaman Pangan & Hortikultura (ATPH) SMK Yos Sudarso, One Widiasmoro, S.Pd mengatakan, pembelajaran hidroponik di sekolahnya sudah ada sejak tujuh tahun lalu, yakni sejak program pertanian menjadi salah satu program kejuruan di sekolah tersebut.

One Widiasmoro juga menambahkan, selain sistem tanam dengan menggunakan hidroponik, program kejuruan pertanian juga menerapkan sistem tanam dengan polibag khususnya untuk budidaya tanaman hortikultura jenis sayuran. (Rachman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *