Ratusan Siswa SMK Tamtama 2 Sidareja Dilantik Bantara

Radiokusuma.com, Kedungreja – Sekira 500 siswa SMK Tamtama 2 Sidareja, Kabupaten Cilacap mengikuti kegiatan pelantikan pramuka tingkat Penegak Bantara, Jum’at 21 April 2017.

Kegiatan yang berlangsung dua hari satu malam itu , dilaksanakan sejak tanggal 21 sampai 22 April 2017  di lapangan bumi perkemahan Desa Sidanegara Kecamatan Kedungreja. Meski sempat diguyur hujan pada awal upacara pembukaan, namun hal itu tidak menyurutkan semangat seluruh peserta dalam mengikuti rangkaian kegiatan pelantikan tersebut.

Kepala sekolah SMK Tamtama 2 Sidareja, Ruswanto, ST.MM mengatakan, peserta pelantikan Bantara diikuti kelas X (sepuluh) dari tiga program kejuruan yang ada, yakni: TAV (Teknik Audio Video), TSM (Teknik Sepeda Motor) dan TKR (Teknik Kendaraan Ringan). Lebih lanjut, Dia mengatakan, tujuan diadakan kegiatan pelantikan diluar sekolah itu agar anak didik kelas sepuluh yang akan dilantik, nantinya dapat menyerap ilmu dari masyarakat sekitar bumi perkemahan.

pelantikan bantara smk tamtama 2 sidareja

“Tidak lain, supaya anak ini mengetahui betul kondisi di masyarakat yang ada, sehingga diharapkan siswa ini mampu menyerap permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat sehingga mereka bisa berfikir untuk kearah yang lebih baik,” ucap Ruswanto saat ditemui radiokusuma.com Jum’at 21 April 2017 malam setelah acara api unggun.

Dilokasi yang sama, pembina Pramuka SMK Tamtama 2 Sidareja Warisno Tri Anjaya saat ditemui radiokusuma.com mengatakan, rangkaian kegiatan dari upacara pembukaan hingga upacara api unggun, berjalan dengan lancar. Dia juga mejelaskan, di sela-sela kegiatan api unggun juga ditampilkan pementasan seni tari yakni tarian Saman dari Aceh dan seni musik Hadroh.

Lebih lanjut, Menurut Warisno, kegiatan sosial untuk masyarakat juga dilaksanakan guna melatih jiwa sosial anggota pramuka Ambalan Gajah Mada/Gayatri Rajapatni SMK Tamtama 2 Sidareja.

“Kegiatannya itu semacam bersih-bersih bumi lapangan (perkemahan) kemudian masjid yang kita tempati, kemudian rumah-rumah warga yang di tinggali, kita berusaha untuk membersihkan semuanya yang tadinya awalnya bagus ya kita rapikan kembali,” pungkas Warisno.

 

penulis : Rachman
editor   : Restu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *