Usia Lanjut Tidak Menghalangi Manisah Ikuti Lomba Lintas Alam

Radiokusuma.com, Cipari – Selalu ada cara untuk menikmati alam seisinya. Pergi ke gunung atau pantai menjadi salah satu pilihannya. Namun, masalah dana yang besar terkadang menjadi salah satu hambatan untuk menjelajah gunung atau menelusuri pantai.

Gelaran lomba lintas alam yang diselenggarakan organisasi pencinta alam “Alaskapala” SMAN 1 Cipari, Kabupaten Cilacap, Minggu 30 April 2017 menjadi pilihan bagi para penikmat alam.

Ibu Manisah (tengah)

Tak terkecuali ibu yang satu ini. Manisah namanya, ibu yang sudah berumur 56 tahun tersebut berasal dari Desa Jenang Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap.

Lomba lintas alam tersebut, digelar di wilayah pegunungan dan pedesaan Kecamatan Cipari. Dengan jarak rute sekitar 20 kilometer, tidak melemahkan semangat ibu Manisah dalam menempuh rute tersebut, terbukti saat ditemui radiokusuma.com, Ia masih terlihat sumringah.

Manisah mengaku, sengaja mengikuti lomba lintas alam tersebut karena mendampingi cucunya. Cucunya, yang masih bersekolah di tingkat Sekolah Dasar (SD) memang tergabung di organisasi pencinta alam “Spirit Panji Wulung” asal Majenang.

Begitupun beliau, Ia mengaku juga salah satu anggota organisasi pencinta alam tersebut. Ia mengatakan, Spirit Panji Wulung memang wadah bagi pencinta alam dari berbagai usia, muda hingga dewasa berbaur di organisasi tersebut.

Bahkan, Manisah mengatakan, Spirit Panji Wulung juga sering mengadakan kegiatan pendakian gunung. Istilah triple S, yakni sebutan untuk jajaran tiga gunung tertinggi di Jawa Tengah yakni gunung Slamet, Sindoro dan Sumbing sudah khatam di daki organisasi tersebut.

“Triple S sudah, rencana habis lebaran mau ke Gununh Prau,” ucapnya.

Ibu Manisah, yang saat ditemui radiokusuma.com itu baru saja mendapat penghargaan sebagai peserta terlanjut usia mengatakan, organisasi Spirit Panji Wulung sengaja dibentuk bagi para pencinta alam seluruh tingkatan dari siswa SD hingga umum.

pencinta alam Spirit Panji Wulung

Bukan sebatas mencintai alam saja. Lebih lanjut, beliau menjelaskan, tujuan utama organisasi pencinta alam Spirit Panji Wulung adalah mengarahkan para generasi muda agar tidak terjerumus ke arah yang negatif atau kenalakan remaja.

Selain itu, organisasi tersebut juga aktif di kegiatan olahraga seperti futsal dan lainnya, “Kita futsalan juga, intinya organisasi diisi dengan kegiatan positif-positif yang menyehatkan dan untuk refresing. Intinya untuk menghindari kenakalan remaja lah,” pungkas Ibu Manisah.

penulis : Rachman
editor   : Restu

One thought on “Usia Lanjut Tidak Menghalangi Manisah Ikuti Lomba Lintas Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *