Selain Menembak, Jajaran Babinsa Kodim 0703/Cilacap Diajari Beternak

Menarik pelatuk pistol atau senjata, bagi para prajurit TNI sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Namun, kegiatan yang satu ini bukan berkaitan dengan senjata apalagi perang, tetapi kegiatan ini patut dicontoh, bukan hanya dijajaran TNI saja.

Pasalnya, pagi tadi, jajaran Kodim 0703/Cilacap mengadakan kunjungan kerja bagi para Babinsa se-Cilacap untuk melihat dan belajar langsung di peternakan kambing Etawa milik Ginting Saripudin, di Desa Alangamba, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Kamis (27/07).

image
Para Babinsa nampak antusias menerima materi tentang bagaimana cara beternak kambing dan sapi

Pasiter Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf. Joko Yunanto mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan menjadi pedoman dalam menimba ilmu pengetahuan tentang ternak kambing dan sapi, agar nantinya dimanfaatkan dengan baik oleh Babinsa, sehingga dapat membantu masyarakat menciptakan lapangan kerja dengan cara beternak kambing maupun beternak sapi.

image
Diharapkan ilmu peternakan dapat diimplementasikan jajaran Babinsa di desa binaan masing-masing

Dia menambahkan, selain berpeluang untuk menciptakan lapangan kerja baru di desa binaan, nantinya ilmu yang didapat dari pelatihan ini bisa menjadi bekal untuk berinteraksi dengan masyarakat desa yang mayoritas bertani dan beternak.

“Kami ingin mendorong agar mereka lebih maju dengan bekal pengetahuan dari pelatihan ini,” ungkap Kapten Joko.

Selain itu, pelatihan tersebut dapat pula diterapkan dalam kapasitas pribadi. “Rata-rata mereka (Babinsa) juga punya kambing, sapi, ayam atau bebek walaupun kepemilikannya tidak banyak,” tambah Joko.

Lebih lanjut, Joko menjelaskan, selain sebagai sarana komsos didesa binaan, penerapan ilmu ini secara pribadi akan bisa meningkatkan penghasilan tambahan.

Hal itu dicontohkan Ginting Saripudin seorang peternak kambing etawa desa Alangamba yang dikunjungi Babinsa dijajaran Kodim Cilacap. Dia menjelaskan, saat ini harga satu ekor kambing mencapai 3 juta sampai 4 juta rupiah. Saat ini, Ginting bisa meraup laba sekitar 2,5 juta perbulan dari usaha ternaknya.

Tertarik untuk belajar beternak?

Reporter : Rachman/Pdm0703

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *