Menyongsong HUT RI ke-72, Petani di Kedungreja Diadu Lari Sambil Memanggul Padi

Unik, dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-72, Radio Kusuma Cilacap menyelenggarakan perlombaan bagi masyarakat, yakni lomba lari sambil memanggul padi, Selasa 15 Agustus 2017.

image
Warga sangat antusias mengikuti perlombaan "lari manggul padi" yang diselenggarakan Radio Kusuma Cilacap

Panitia, sekaligus manager radio, Mardiyo Abdul Aziz mengatakan, lomba yang baru pertama kali diadakan di Cilacap ini selain bertujuan memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia juga dalam rangka mengapresiasi para petani. Apalagi, momen Agustus kali ini, dibarengi dengan musim panen padi.

“Karena memang sebagian masyarakat Cilacap ini hidupnya dari petani. Selama ini lomba-lomba untuk kaum anak-anak sekolah sudah ada, untuk para karyawan, pengusaha. Lah, untuk petani apa?” kata Mardiyo.

Menurut Mardiyo, kebiasaan petani di desa, saat musim panen tiba salah satunya adalah “nyonggah” atau membawa hasil panen dari sawah ke rumah. Dari kebiasaan itulah yang menjadi inspirasi panitia menggelar lomba tersebut.

Dalam lomba tersebut, sedikitnya, 130 masyarakat ikut mendaftar untuk mengikuti lomba. Selain adu cepat, peserta lomba juga diwajibkan memanggul gabah seberat 15 kilogram yang disediakan panitia.

Dengan jarak tempuh yang lumayan panjang, yakni 2×150 meter, masyarakat tetap antusias mengikuti lomba yang bisa dibilang unik ini. Bukan tanpa alasan, selain unik, hadiah yang ditawarkan panitia lomba juga terbilang menarik.

Untuk juara pertama, sponsor kegiatan dari Komunitas Pancimas (Pengandaran Cilacap Banyumas) menyediakan uang sebesar 1 juta rupiah, juara kedua 750 ribu rupiah, juara ketiga 500 ribu rupiah dan juara keempat 250 ribu rupiah. Selain itu, juara kelima sampai kesepuluh, panitia menyediakan hadiah hiburan yang tidak kalah menarik, berupa sandal produk Pancimas.

Reporter  : Rachman Syarif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *