Ratusan Prajurit Kopassus Resmi Dilantik Komando

Cilacap – Komandan Kodim 0703/Cilacap, Letkol Inf. Ferdial Lubis, MPICT didampingi Ketua Persit KCK Cabang XVIII Ny. Risma Lubis bersama sejumlah unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap, menghadiri upacara penutupan pendidikan Kopassus angkatan 101 di pantai Permisan, Nusakambangan, Cilacap, Sabtu (23/09).

Selain itu, Danjen Kopassus Mayjen TNI Madsuni didampingi Ketua Persit Cabang BS Kopassus bersama sejumlah Dansat jajarannya Kopassus, para Asisten Kopassus serta para pejabat TNI dilingkungan Korem 071/Wijayakusuma dan para orang tua siswa pendidikan komando, juga turut hadir dalam acara tersebut.

image
Pendidikan komando selama tujuh bulan

Siswa pendidikan komando, sebelumnya dididik selama tujuh bulan untuk menjadi salah satu anggota Komando Pasukan Khussus (Kopassus) TNI Angkatan Darat. Mereka berhasil melalui seluruh pendidikan komando, mulai dari tahap basis, tahap gunung hutan, dan tahap rawa laut dan kemampuan menembak, fisik, beladiri serta penggunaan senjata tradisional hingga pendekatan dengan masyarakat.

Danjen Kopassus Mayjen TNI Madsuni dalam sambutannya meminta kepada setiap prajurit Komando Angkatan 101yang baru saja dilantik, agar menunjukkan karya nyata untuk berbuat yang terbaik bagi kepentingan bangsa dan negara diawali pengabdiannya di satuan Komando.

“Untuk menjadi prajurit Komando tidaklah mudah, karena sangat beratnya latihan yang harus dijalani oleh setiap siswa Komando. Ciri khas Kopassus dalam pembentukkan Prajurit Komando yaitu kebersamaan dengan melepas pangkat dan jabatan. Kebersamaan inilah yang melahirkan jiwa korsa yang tinggi yang pada akhirnya menjadi modal utama dalam melaksanakan tugas sebagai abdi negara,” kata Madsuni.

image
Danjen Kopassus Mayjen TNI Madsuni

Selain itu, Danjen Kopassus menambahkan, pencapaian saat ini belumlah cukup untuk menjadi prajurit yang mahir dan handal. Menurut Danjen, masih banyak lagi kemampuan dan ketrampilan yang harus dimiliki sebagai pelengkap menjadi pasukan khusus.

“Jangan berpuas diri, tetap pelihara dan tingkatkan kemampuan melalui budaya belajar dan berlatih serta terus mengikuti dinamika perkembangan situasi di-era globalisasi saat ini,” tegas Danjen.

Upacara penutupan pendidikan Komando diakhiri dengan pemasangan brivet Komando dan pemakaian baret merah. Tampak Danjen Kopassus bersama sejumlah petinggi kopassus lainnya, memasangkan brivet Komando dan baret merah kepada Prajurit Komando yang baru dilantik.

(Pendim.Clp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *