Santri Pondok Pesantren Rubat Mbalong Tambaksari Lakukan Penanaman Pohon

Sidareja – Si Udin Yani segera bergegas ganti pakaian setelah rampung mengikuti upacara Hari Sumpah Pemuda ke-89. Santri pondok satu ini, mempunyai program yang penting bagi kelangsungan hidup, yakni program penanaman pohon.

Tidak sendirian rupanya, Udin bersama 20 rekan sesama santri dan juga dua organisasi pencinta alam dari dua sekolah yakni, Repala dari SMK LPPM RI 2 Kedungreja dan Greend Land dari SMAN 1 Kedungreja, masing-masing mendelegasikan 20 anggotanya, menjalankan misi kemanusian yaitu penanamn pohon di bahu jalan nan gersang wilayah Desa Tinggarjaya, Kecamatan Sidareja, Sabtu (28/10/2017) pagi.

Udin menjelaskan, program tanam pohon buka semata-mata inisiatif pribadinya melainkan kerjasama antara pemerintah desa dan juga pengasuh pondok pesantren Rubat Mbalong Ell-Firdaus Tambaksari, KH. Muhammad Ahmad Hasan Mas’ud.

“Penanaman pohon ini adalah gagasan Kepala Desa Tinggarjaya, Beliau meminta bantuan kepada pengasuh pondok kami. Kami tindaklanjuti pelaksanaannya, yaitu hari ini, Sabtu, 28 Oktober 2017 kebetulan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda,” kata Udin.

Udin menjelaskan, puluhan bibit pohon kayu keras seperti jati dan mahoni ditanam pada program kali ini. Lagi – lagi Udin mengatakan, program ini bukan bersifat insidental, melainkan akan terus dicanangkan. Pihaknya juga memberikan kesempatan bagi organisasi yang bergerak dalam bidang lingkungan hidup untuk menggandeng pihak Pondok Pesantren guna melancarkan aksi seperti penghijauan atau penanaman pohon.

“Pondok kami kan pondok pesantren ekonomi mandiri berbasis pertanian, kita rutin penghijauan, penanaman pohon. Dan kami juga memberikan bibit tanaman keras atau tanaman kebun. Jadi untuk warga, atau pegiat-pegiat alam, barangkali mau melakukan kegiatan seperti ini kami siap membantu dan menyediakan bibit. Gratis,” pungkas Udin.

Rep : Rachman Syarif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *