Mapala Ighopala Demo Tuntut Penghentian Eksploitasi Nusakambangan

Cilacap – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Mahasiswa Pencinta Alam, Imam Ghazali Pecinta Alam (Ighopala) berunjuk rasa didepan Kantor DPRD Cilacap untuk menolak eksploitasi sumber daya alam (SDA) Pulau Nusakambangan, Rabu (6/12).

Mereka menilai, industrialisasi berbasis sumber daya alam di Nusakambangan mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup yang berdampak buruk bagi masyarakat Cilacap.

Koordinator aksi, Qitfirul Rizal Azis menuntut, agar izin eksploitasi sumber daya alam di pulau tersebut ditinjau ulang oleh pemangku kebijakan dan pihak terkait.

“Kami meminta izin eksploitasi sumber daya alam di pulau tersebut ditinjau ulang,” kata Rizal, Rabu.

image
Demo tolak eksploitasi SDA di Pulau Nusakambangan. ©2017 Merdeka.com/Abdul Aziz

Menurutnya, pemangku kebijakan seakan menutup mata akan bahaya yang mengintai Cilacap ketika Nusakambangan terus dieksploitasi. Padahal, Nusakambangan merupakan benteng bagi masyarakat Cilacap dari hantaman gelombang laut selatan.

“Pemangku kebijakan seakan tutup mata akan bahaya yang mengintai Cilacap ketika Nusakambangan terus di eksploitasi,” kata Rizal.

Dalam aksi tersebut, massa berorasi sambil membentangkan spanduk dan berbagai poster, selan itu mereka juga melakukan aksi teatrikal dibawah pengawasan ketat petugas Kepolisian dan Satpol PP.

Penulis : Rachman S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *