Pedagang Kecil Terima Bantuan Gerobak Gratis

CILACAP – Wajah Ririn Kunwinarni (51) tampak berseri-seri setelah mendapat gerobak gratis dari Partai Perindo. Pasalnya, gerobak anyar itu bisa menggantikan gerobak lamanya yang kini ringkih dan rusak. Wanita paruh baya yang sehari-harinya menjual gorengan itu pun bersyukur dan optimistis dapat mendulang pendapatan yang lebih baik.

“Senang karena gerobaknya bagus dan kuat. Semoga usaha semakin lancar. Terimakasih Perindo sudah peduli rakyat kecil,” kata Ririn penuh senyum.

Ririn menjadi salah satu dari 14 pedagang kecil yang menerima bantuan gerobak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) secara gratis dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Mereka merupakan pedagang mitra binaan Perindo yang selama ini berjualan produk kuliner seperti mi ayam, bakso, gorengan, kue, nasi goreng, serta es buah. 14 gerobak tersebut diserahkan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perindo Jawa Tengah di Kantor DPD Perindo Cilacap, Jalan Urip Sumoharjo, Sabtu (9/12).

Ketua DPW Perindo Jateng, Siswadi Selodipoero mengatakan program pembagian gerobak tersebut merupakan bentuk perhatian Perindo terhadap UMKM. 

“UMKM itu tahan banting dan harus didukung. UMKM itu anti krisis dan berpeluang untuk memperkuat perekonomian negara,” kata Siswadi.

Ia juga mengatakan bahwa jika tampilan gerobak baik, bersih dan dibuat dengan bahan yang baik, penghasilan pedagang kecil pun akan meningkat. “Itu otomatis. Karena menurut data yang kami miliki, kenaikannya bisa 30% sampai 40%,” terang dia.

Gerobak Perindo juga dapat membantu menciptakan lapangan kerja sekaligus mengurangi pengangguran. Menurut pemantauannya selama ini, biasanya pemilik gerobak paling tidak akan merekrut 1 atau 2 pekerja.

“Rata-rata begitu menerima gerobak baru, pemilik gerobak mencari pekerja, rata-rata 1 atau 2 pekerja,” pungkasnya.

Sebagai informasi, di Provinsi Jawa Tengah, pembagian kali ini merupakan pembagian unit gerobak ke-384 dari target yang akan dibagikan di Jawa Tengah sebanyak 800 gerobak. Selain membagi gerobak, Perindo juga memberikan pembinaan dan pelatihan agar usaha para mitra binaan terus berkembang.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *