Ratusan Bangunan di Cilacap dan Banyumas Rusak Akibat Gempa

Gempa 7 SR yang terasa di wilayah Cilacap dan Banyumas pada Jumat (15/12) malam, mengakibatkan ratusan bangunan mengalami kerusakan. Data terakhir pada pukul 11.13 WIB, BPBD mencatat 58 bangunan di Cilacap mengalami kerusakan, mulai dari rusak berat hingga roboh.

Kepala bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Cilacap, Martono mengatakan, data tersebut masih akan terus berkembang karena laporan kerusakan masih terus masuk. Dari 58 bangunan yang mengalami kerusakan tersebut terdapat rumah warga, sekolah hingga los pasar yang roboh akibat gempa.

“Ada satu anak warga Cinyawang, Kecamatan Patimuan mengalami luka akibat gempa dan saat ini masih dirawat,” kata Martono, Sabtu (16/12).

Sementara di Banyumas, setidaknya terdapat 76 bangunan mengalami kerusakan. Bangunan tersebut diantaranya rumah -rumah warga, sekolah hingga tiga rumah sakit mengalami kerusakan mulai dari rusak ringan hingga roboh.

Tiga Rumah Sakit yang ikut terkena dampak akibat gempa tersebut, diantaranya RSUD Banyumas, RSUD Margono Soekarjo dan RS Siaga Medika Banyumas.

“Beberapa bangunan di rumah sakit mengalami kerusakan diantaranya eternit dan dinding retak. Beberapa pasien sudah dipindahkan keruangan lain,” pungkas Martono.

Penulis : Rachman Syarif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *