Gerhana Bulan, Warga Pesisir Pantai di Cilacap Diimbau Waspada Rob

Radiokusuma.com, Cilacap – Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy, menyebutkan pihaknya telah menyampai pemberitahuan mengenai kemungkinan terjadinya bencana rob akibat fenomena gerhana bulan super.

”Seluruh pemerintah desa yang pemukimannnya dekat dengan garis pantai mulai dari Teluk Penyu hingga Widarapayung, sudah kita berikan pemberitahuan. Mereka kita minta memberi tahu warga agar meningkatkan kewaspadaan menjelang berlangsungnya gerhana bulan,” jelasnya, Rabu (31/1).

Menurut Tri, empat kecamatan di wilayah Kabupaten Cilacap rawan terkena banjir rob sebab memiliki wilayah garis pantai. Keempat kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Cilacap Selatan, Adipala dan Kecamatan Binangun.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kenaikan permukaan air laut sebenarnya sudah terjadi sejak 27 Januari 2018. Diperkirakan, puncaknya akan terjadi pada Rabu (31/1) malam, saat terjadi gerhana bulan.

Meski telah mengeluarkan surat pemberitahuan, Tri juga meminta agar masyarakat tidak panik dan tetap waspada untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya rob.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *