Kawah Sileri Meletus, Wisata Dieng Aman

Radiokusuma.com, Banjarnegara – Kawah Sileri yang berada di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah kembali meletus. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, letusan kawah yang terletak di Desa Kepakisan Kecamatan Batur, Banjarnegara ini dilaporkan merusak tanaman kentang di sekitar kawah.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng Surip mengatakan letusan kawah terjadi Minggu (1/4/2018) sekira pukul 13.42 WIB, dengan jangkauan letusan antara 100 sampai 200 meter dari bibir kawah.

“Tidak ada korban jiwa hanya tanaman kentang yang berada di dekat kawah memang rusak. Tetapi ledakannya juga tidak sampai ke obyek wisata d’qiano,” ujar Surip, dikutip dari detik.com, Minggu (1/4).

Menurut Surip, letusan ini sama dengan yang terjadi pada 2 Juli 2017 lalu. Hanya, letusan kali ini tidak diikuti atau disebabkan oleh gempa tremor.

“Sampai sekarang kami masih melakulan pemantauan ke Kawah Sileri. Untuk hasilnya seperti apa baru bisa disampaikan besok,” katanya.

Surip menambahkan, radius aman sekitar 100 meter dari bibir awah.

“Ini kami terus melakulan pemantaun tetapi sebaiknya warga tetap jangan mendekat 100 meter dari bibir kawah,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *