120 Orang Sedang Mendaki Saat Merapi Meletus

Radiokusuma.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang melaporkan, telah terjadi letusan freatik di Gunung Merapi, Jumat (11/5) sekitar pukul 07.43 WIB.

image
Foto : netralnews.com

Walaupun belum ada laporan korban, tetapi menurut informasi yang dihimpun, sedikitnya 120 orang sedang melakukan pendakian saat Gunung Merapi meletus. Bahkan 50 orang diantaranya dikabarkan berada di puncak Gunung Merapi.

“Berdasarkan laporan sementara terdapat sekitar 120 orang yang mendaki dan mendekati Pasar Bubrah. Kondisinya semua selamat,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Beliau juga mengimbau, bagi para pendaki maupun masyarakat sekitar gunung agar tidak mendekati radius berbahaya yakni 3 kilometer dari puncak kawah.

“Masyarakat diimbau tetap tenang. Belum ada laporan korban jiwa. BPBD dan aparat masih melakukan pemantauan. BPBD Sleman telah menginstruksikan masyarakat yang tinggal dalam radius 5 km seperti daerah Kinahrejo sudah diinstruksikan untuk evakuasi ke bawah di barak pengungsi. Masyarakat merespons dengan evakuasi mandiri ke tempat yang aman,” jelas Sutopo.

Status Gunung Merapi hingga saat ini masih tetap normal (Level I) dengan radius berbahaya adalah 3 kilometer dari puncak kawah. PVMBG tidak menaikkan status Gunung Merapi dan masih terus memantau perkembangan aktivitas vulkanik Baca Selengkapnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *