Hujan Abu Merapi Guyur Cilacap

Radiokusuma.com, Kroya — Hujan abu tipis yang diduga dampak erupsi Gunung Merapi dilaporkan turun di wilayah Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (24/5/2018).

Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wilayah Kroya, Edi Purwanto mengatakan hujan abu tipis itu turun sekitar pukul 10.00 WIB.

“Di kantor saya yang berlokasi di Jalan Jenderal Soedirman, Kroya, agak kelihatan meskipun tipis. Saya belum menerima informasi mengenai kondisi daerah yang masuk UPT BPBD Wilayah Kroya,” katanya.

image
Sebuah mobil tertutup abu erupsi Gunung Merapi (AP Photo/Ombak Samudra)

Sementara Guru TK/PAUD Darussalam Kroya, Wening Probo Siwi mengatakan, hujan abu tipis itu menjadi pembicaraan sejumlah orang tua murid yang menunggu kepulangan anaknya.

“Kebetulan saya masih di ruang kelas. Akan tetapi, beberapa orang tua murid membicarakan hujan abu tipis tersebut,” katanya.

Saat keluar kelas, dia melihat debu tipis yang menempel pada beberapa sepeda motor di halaman sekolah.

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan, hujan abu tipis yang turun di wilayah Kroya dimungkinkan merupakan debu vulkanis dari erupsi Gunung Merapi.

Menurut dia, hal itu disebabkan berdasarkan prakiraan kecepatan angin di ketinggian 18.000 feet pada hari Kamis (24/5/2018) pukul 10.00 hingga 15.00 WIB, berkisar 10 hingga 20 knot dari arah timur-timur laut menuju barat daya.

“Sementara kecepatan angin di ketinggian 5.000 kaki pada pukul 07.00 hingga 13.00 WIB diprakirakan 5 hingga 10 knot dari arah timur ke barat. Tadi pada pukul 10.00 WIB, pergerakan debu vulkanis dari Gunung Merapi tidak terdeteksi oleh citra satelit cuaca Himawari karena tertutup awan,” katanya.

Informasi yang dihimpun, selain wilayah Kroya, hujan abu tipis juga terjadi di Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, dan beberapa daerah di pesisir selatan Jateng.
 

Sumber: Rilis.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *