Viral! Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Cilacap

Warga memungut ikan yang mati dan terdampar di Pantai Cemara Sewu, Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (12/10/2019)

Radiokusuma.com – Warganet, khususnya di wilayah Cilacap dihebohkan dengan penemuan ribuan ikan mati terdampar di Pantai Cemara Sewu, Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (12/10/2019).

Foto dan video fenomena tersebut tersebar melalui media sosial Facebook dan Youtube. Akun Facebook dengan nama Paijo Kbm mengunggah sejumlah foto yang memperlihatkan warga ikan-ikan yang terdampar di atas pasir.

Postingan tersebut disertai keterangan “Hari ini, ratusan ribu bahkan mungkin jutaan mati dan menepi ke pinggiran, belum tahu persis nama serta jenis ikan ini, tapi semuanya ikan yang sejenis. Puluhan atau mungkin ratusan warga sekitaran Pantai Cemara Sewu Jetis, Cilacap berbondong-bondong untuk mengambil ikan tersebut”.

Berbagai spekulasi pun muncul mengenai penyebab fenomena tersebut. Ketika dikonfirmasi, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap Sarjono membenarkan kejadian tersebut. Ribuan ikan tersebut ditemukan terdampar di Pantai Cemara Sewu Sabtu pagi. Sarjono menjelaskan, kemunculan ribuan ikan tersebut bukan akibat fenomena alam. Ribuan ikan yang terdampar itu berasal dari jaring nelayan yang jebol di tengah laut, kemudian terbawa arus hingga ke pantai.

“Sudah dipastikan itu bukan fenomena alam atau apa. Itu berasal dari jaring nelayan yang jebol, begitu ditarik (ke atas perahu) jaringnya kemungkinan jebol, terus terbawa arus ke tepi,” kata Sarjono saat dihubungi, Minggu (13/10/2019).

Menurut Sarjono, ikan tersebut mati karena telah tertumpuk-tumpuk di dalam jaring, sehingga kekurangan oksigen. Jumlah ikan yang mati dan tersampar diperkirakan antara 1 ton hingga 2 ton. “Sampai sekarang kami belum mengetahui punya nelayan mana, biasanya nelayan juga diam saja, paling menyesal jaringnya jebol, harusnya dapat rejeki malah jebol,” pungkas Sarjono.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *